Kamis, 27 Maret 2014

Cara Sederhana Bersihkan Rambut dari Kutu


Kutu yang menjalar di rambut Anda akan membuat gatal dan mengganggu Anda. Apalagi rambut Anda bisa menjadi surga kehangatan buat binatang yang dikenal dengan nama ilmiah Pediculus humanus capitis.

Hama parasit kecil itu hidup pada kulit kepala dan leher yang berambut. Kutu-kutu tersebut akan menghisap darah Anda.

Rambut berkutu tak hanya terjadi pada anak-anak tapi bisa dialami semua usia terlepas dari tingkat kebersihan ataupun status ekonomi.

Kutu bisa menyebar melalui kontak kepala ke kepala, sisir, pakaian, atau tempat tidur. Untuk memberantas kutu, biasanya metode yang dipilih adalah memencet kutu atau menggunakan sisir serit. Tapi, cara ini tidak efektif karena tak bisa menghilangkan semua kutu yang badannya kecil.

Gatal yang disebabkan kutu bisa berubah menjadi luka atau kudis karena digaruk berlebihan. Tapi, ada cara untuk menghilangkan kutu dan telur dari rambut untuk selamanya seperti dikutip MedGuru, Kamis (27/3/2014):

1. Shampo obat

Gunakan shampo dengan obat kutu dan biarkan rambut Anda selama 10 menit. Setelah itu, bilas shampo hingga bersih dan siram rambut Anda dengan larutan 50 persen air dan cuka dapur 50 persen. Gosok dengan semangat dan kemudian bilas rambut dengan air untuk mengusir baunya.

2. Minyak zaitun

Bahan dapur ini memberikan keajaiban pada rambut berkutu. Oleskan minyak zaitun ke kulit kepala Anda dan pakailah shower cap (topi mandi). Bersihkan setelah beberapa jam dan cuci rambut dengan shampo biasa.

Kutu rambut bisa dihilangkan dengan menggunakan sisir serit karena minyak zaitun membantu melonggarkannya dari poros rambut.

3. Mayones

Anda bisa membasmi si pengacau kecil itu dengan mayones dan dibawa tidur. Gunakan pada rambut dan kulit kepala Anda dan kemudian gunakan shower cap.

Kutu seharusnya mati keesokan harinya. Anda hanya perlu keramas secara teratur. Mayones tapi tak bisa melepaskan telur kutu sehingga Anda masih perlu memilih dengan tangan.

4. Petroleum Jelly

Tutupi rambut dan kulit kepala Anda dengan lapisan petroleum jelly yang tebal. Kemudian tutupi semalaman dengan shower cap. Cuci bersih jelly keesokan harinya dengan sampo biasa. Ulangi perawatan seminggu kemudian.

5. Minyak atsiri

Minyak atsiri tak hanya membunuh kutu, tapi bisa meringankan gatal. Campurkan 20 tetes minyak pohon teh, minyak rosemary 10 tetes, dan 15 tetes lemon (atau thyme) serta makan minyak lavedender beserta 4 sendok minyak sayur.

Usapkan campuran tersebut ke rambut, tutup dengan topi mandi dan bilas setelah satu jam. Gunakan sisir serit untuk menghilangkan kutu mati dan telurnya.

Meski sudah melakukan perawatan di atas, waspadalah karena kutu bisa muncul lagi akibat paparan telur yang berulang. Apabila pengobatan tersebut gagal atau kulit kepala luka atau meradang, konsultasikan ke dokter.

 Sumber : http://health.liputan6.com

0 komentar:

Posting Komentar