Selasa, 30 Juli 2013

Komponen Utama Dalam Komputer


Ketika pertama kali membuka  CPU dan melihat ke dalam, komputer adalah mesin yang sangat memusingkan. Tapi begitu Anda tahu tentang bagian-bagian berbeda yang menyusun komputer yang lengkap itu akan jauh lebih terasa mudah. Komputer saat ini terdiri dari sekitar tujuh komponen utama, beberapa komputer canggih mungkin memiliki komponen lebih sedikit. Apakah komponen-komponen tersebut? Mari kita mulai mengulasnya

1. Processor
Unit Pemroses Sentral (UPS) (bahasa Inggris: Central Processing Unit; CPU), merujuk kepada perangkat keras komputer yang memahami dan melaksanakan perintah dan data dari perangkat lunak. Istilah lain, pemroses/prosesor (processor), sering digunakan untuk menyebut CPU. Adapun mikroprosesor adalah CPU yang diproduksi dalam sirkuit terpadu, seringkali dalam sebuah paket sirkuit terpadu tunggal. Sejak pertengahan tahun 1970-an, mikroprosesorsirkuit terpadu-tunggal ini telah umum digunakan dan menjadi aspek penting dalam penerapan CPU.

2. Mother board
Motherboard bila diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia berarti Papan Induk dan biasanya juga disingkat dengan sebutan Mobo, yang berarti sebuah perangkat keras yang berbentuk seperti papan dan  telah ditambahkan program penggerak (chip bios) serta memiliki konektor sebagai penguhubung berbagai macam komponen elektronik sehingga dapat saling terhubung.   Sebagai contoh terdapat pada PC (Portable Computer) atau juga Macintosh
3. RAMRAM digunakan sebagai penyimpanan sementara yang bekerja untuk komputer. Ada berbagai jenis memori RAM dengan kecepatan yang berbeda, tetapi harus sesuai dengan motherboard Anda sehingga dapat bekerja dengan baik.
 4. Hard Disk
Di sinilah Anda dapat menyimpan segalanya. termasuk sistem operasi (Windows, Linux, dll), permainan, dan berbagai jenis software, dll. sepanjang tahun kapasitas hard drive terus meningkat dan dalam interval beberapa tahun kapasitasnya sudah dari sekitar 20MB ke lebih dari 500GB dan banyak lagi. Sehingga Anda dapat menyimpan informasi lebih banyak pada komputer Anda seperti game, gambar, video, aplikasi, dan banyak lagi.komponen Keenam ini kipas pendingin. Seringkali kebanyakan komputer hanya dengan satu kipas pendingin atau mungkin memiliki beberapa. bantuan untuk mendinginkan panas yang dihasilkan oleh komponen lain, Seperti power supply, CPU, dan video Card. Pekerjaan dari semua kipas pendingin adalah untuk membuat panas yang diakibatkan komponen lain tidak terlalu panas.

5. VGA / Kartu GrafisVGA Card merupakan perangkat keras komputer (Hardware) yang secara umum berfungsi sebagai data pemrosesan dalam bentuk Visual yang nampak pada layar monitor / LCD.  VGA merupakan kepanjangan dari Video Graphic Accelerator (bahasa asing). Disebut VGA karena memiliki fungsi sebagai rendering data yang diolah melalui VGA sehingga jika kita menghubungka melalui kabel monitor akan tampak visual.

6. Power suply
Suatu daya yang digunakan untuk menyediakan listrik ke semua komponen dalam komputer Anda. Biasanya kotak persegi panjang dan biasanya diposisikan di salah satu sudut dari komputer. Untuk menemukannya, melihat di mana kabel daya dihubungkan ke bagian belakang komputer dan telah tersambung listrik.

7. DVD Drive
DVD berasal dari kata Digital Versatile Disc. Sesuai dengan namanya DVD merupakan sebuah media penyimpanan digital yang isinya sangat variatif.. Bentuknya sangat mirip dengan CD.Bedanya DVD dapat memainkan film, audio lebih baik dan dengan data lebih banyak dan proses yang lebih cepat dibandingkan CD. DVD juga mampu menyimpan data lain seperti Foto atau data informasi dari komputer.



0 komentar:

Posting Komentar