Jumat, 06 Februari 2015

Qualcomm Snapdragon 810

Setelah sebelumnya diperkenalkan pada 8 bulan yang lalu, Qualcomm akhirnya merilis detail tentang prosesor terbaru mereka yaitu Snapdragon 810. Sempat menjadi pertanyaan dan timbul gosip seputar penundaan prosesor ini. Namun, akhirnya Qualcomm memperlihatkannya saat di CES 2015 lalu.

Teknologi sudah berkembang dengan demikian pesatnya. Di tahun 2015 ini, adalah eranya resolusi 4K Ultra HD, jaringan LTE, lahirnya Internet of Things (IoT), dan gaming mobile. Untuk itulah, Qualcomm menghadirkan Snapdragon 810 untuk mengakomodir itu semua. Prosesor 64 bit dengan 8 CPU Core (dua Quad Core) serta kemampuan modem yang terkini.

Umumnya features yang ditawarkan dari masing-masing produsen smartphone akan ada yang berbeda di antara satu dengan yang lainnya. Ini disebabkan karena adanya pertimbangan biaya dan strategi pemasaran dari tiap produsen yang berbeda. Namun demikian, Qualcomm ingin memperkenalkan semua features yang dapat diberikan dari prosesor Snapdragon 810 ini. Qualcomm menampilkan beberapa demo unit yang menggunakan produk in house buatan Qualcomm sendiri yang akan memperlihatkan kehebatan dari Snapdragon 810 ini.


Silahkan simak masing-masing keunggulan yang ditawarkan Qualcomm ini.

- Resolusi 4K

Dengan makin menjamurnya televisi Ultra HD dengan resolusi 4K dan didukung dengan kamera-kamera consumer yang juga sudah mampu merekam video dengan kualitas 4K, maka tidak mengherankan kalau sudah saatnya smartphone juga turut memiliki teknologi 4K ini. Di sinilah salah satu keunggulan dari Snapdragon 810. Salah satu alasan mengapa Qualcomm ingin segera mengadopsi teknologi 4K (3840x2160) adalah karena mereka percaya bahwa resolusi 4K bukanlah hanya sekedar gimmick. Qualcomm percaya bahwa resolusi tinggi itu akan sangat berguna walau di layar seukuran smartphone.


- LTE dan Wireless Docking 

 

Salah satu kemampuan hebat dari Snapdragon 810 adalah pengembangan terkini dari jaringan 4G LTE. Category 9 (CAT 9) adalah kecepatan tertinggi saat ini yang ditawarkan oleh Snapdragon 810. 4G LTE pada CAT 9 ini memiliki kemampuan up to 450 mbps yang support sampai dengan 3x20 MHz pada LTE FDD dan LTE TDD.

Jika pada jaringan 4G LTE sebelumnya seperti pada CAT 6, jalur data yang ada ibaratnya seperti antrian pada bank. Di mana masing-masing teller memiliki antrian yang berbeda-beda. Hal ini menimbulkan panjang antrian yang berbeda-beda pula, tergantung dari kemampuan dari masing-masing teller. Akibatnya, data yang kebagian pada teller yang lambat juga akan mengalir dengan lambat pula.

Hal ini diubah pada CAT 9, di mana hanya ada satu antrian dengan kapasitas yang lebih lebar. Sehingga, semua data akan mendapatkan kecepatan yang sama walaupun memiliki provider yang berbeda-beda. Hal tersebut memungkinkan Anda untuk mengakses konten yang membutuhkan kapasitas bandwith besar ataupun bandwith minim dengan stabil tanpa ada perbedaan. Ini sangat penting, terutama untuk 4K Ultra HD streaming yang semakin digemari sebagai konten siaran langsung. Jika sebelumnya misalnya pada acara pertandingan bola di GBK Senayan maka sinyal telepon akan berebutan dengan puluhan ribu orang lainnya sehingga tidak memungkinkan untuk mendapatkan konten data yang stabil, kini dengan teknologi CAT 9 ini Anda akan mendapatkan konten data yang stabil tanpa berebut sinyal pada BTS karena semua orang akan mendapatkan sinyal yang sama pada saat yang bersamaan.

Mengenai baterai, Snapdragon 810 juga memiliki kemampuan wireless docking. Anda bisa mengisi ulang tenaga smartphone Anda tanpa menggunakan kabel. Cukup taruh smartphone/tablet Anda di atas docking maka baterainya akan langsung diisi. Bahkan Anda tidak perlu menaruhnya dalam posisi yang tepat, sekedar menyentuh saja juga sudah cukup. Namun, ada konsekuensi yang harus dibayar. Kecepatan pengisian juga akan sedikit menurun dibandingkan dengan kabel. Meski demikian, wireless docking ini memang diciptakan untuk penggunaan yang cukup lama. Misalnya pada meja kerja, atau di mobil.

- 3D Gaming

Semakin maraknya game-game 3D di mobile turut membuat Qualcomm untuk mengedepankan feature 3D pada prosesor Snapdragon 810 ini. Kualitas 3D pada smartphone/tablet pun tidak kalah hebat dengan kualitas pada PC maupun konsol gaming. Dari efek pencahayaannya sampai dengan efek tekstur 3D-nya. Pada Snapdragon 810 terdapat teknologi yang diberi nama Dynamic Tessellation. Teknologi ini memiliki kemampuan untuk mengatur tingkat kerumitan efek 3D secara realtime.

Di demo gambar 3D dari wajah seorang wanita. Jika kita sentuh pada layar, wajah tersebut akan bereaksi dan mengeluarkan raut muka yang berbeda-beda pula. Semua itu juga langsung diproses secara real time tanpa ada kelambatan apapun. Setelah itu, Qualcomm juga menunjukkan sebuah game yang menggunakan Unreal Engine. Kualitas gambar 3D yang diberikan bisa dibilang tidak kalah dengan teknologi yang ada pada konsol gaming generasi lalu. 

Sumber : chip.co.id.com

0 komentar:

Posting Komentar