Foto : isiqiri.com |
Multimedia berasal dari bahasa latin (multi & media). Multi artinya banyak, dan Media (medium) artinya beberapa media yang berbeda untuk menggabungkan dan menyampaikan informasi dalam bentuk Text, Audio, Grafik, Animasi dan Video atau bisa juga di katakan kombinasi antara tiga elemen yaitu suara,gambar dan text.
Foto : salwa-innovation.blogspot.com |
Menurut Roseh, Multimedia merupakan kombinasi dari komputer dan video.
Menurut Me Comich, Multimedia merupakan kombinasi dari 3 elemen, yaitu : suara, gambar, dan teks.
Menurut Turbon, Multimedia merupakan kombinasi dari paling sedikit dua media input dan output.
Menurut Rubin & Liada, Mutimedia merupakan alat yang dapat menciptakan presentasi yang dinamis dan interaktif yang mengkombinasikan teks, audio, grafik, video, atau animasi.
Menurut Hofteffer, Multimedia merupakan pemanfaatan komputer untuk menggabungkan teks, grafik, audio, dan video yang memungkinkan pemakai berinteraksi, berkreasi, dan berkomunikasi.
Jadi Sistem Multimedia bisa diartikan beberapa sistem yang mendukung lebih dari satu macam media, teks, audio, grafik, video, atau animasi yang memungkinkan pemakai berinteraksi, berkreasi, dan berkomunikasi untuk mencapai suatu tujuan tertentu.
Suatu sistem bisa di katakan Sistem multimedia adalah apabila:
- Adanya kombinasi media => yaitu jika kedua jenis media (continuous/ Discrete) dipakai. Contoh media diskrit : teks dan gambar, dan media kontinu adalah audio dan video.
- Adanya Independensi/Kemandirian dalam suatu sistem => yaitu Aspek utama dari jenis media yang berbeda adalah keterkaitan antar media tersebut. Sistem disebut sistem multimedia jika tingkat ketergantungan/keterkaitan antar media tersebut rendah.
- Komputer yang terintegrasi/ Computer-supported Integration => Sistem harus dapat melakukan pemrosesan yang dikontrol oleh komputer. Sistem dapat diprogram oleh system programmer/ user.
1. Sistem Multimedia Stand Alone.
Merupakan sistem komputer multimedia yang memiliki minimal storage (harddisk, CD-ROM/DVD-ROM/CD-RW/DVD-RW), alat input (keyboard, mouse, scanner, mic), dan output (speaker, monitor,LCD Proyektor), VGA dan Soundcard.
2. Sistem Multimedia Berbasis Jaringan.
Sistem ini harus terhubung melalui jaringan yang mempunyai bandwidth yang besar. Perbedaannya adalah adanya sharing sistem dan pengaksesan terhadap sumber daya yang sama. Contoh: video converence dan video broadcast Permasalahan: bila bandwidth kecil, maka akan terjadi kemacetan jaringan, delay dan masalah infrastruktur yang belum siap.
Pengembangan Bidang Multimedia
1. Bidang Instructional Designer.
Meliputi: Software application, Role play template, Interactivity matter, Certification procedure, Learning Strategy.
2. Bidang Art Designer.
Meliputi: Graphic Icon, Color Harmony, Software Aplication, Background & Layout, Role play template, Sound Recording, Animated Object.
3. Bidang Software Engineer.
Meliputi: Development Process, Development Tools, Code Development, Software Testing, Software Maintenance.
[dari berbagai sumber]
0 komentar:
Posting Komentar